Kamis, 25 Oktober 2012

Resep Sate Kambing Empuk

Besok Idul Adha tiba. Sebagian umat Muslim yang mampu (berarti yang nggak melaksanakan ibadah Qurban termasuk golongan tidak mampu) akan menyembelih hewan Qurban. Entah itu sapi, kambing, atau bahkan kerbau. Daging hewan Qurban itu akan dibagi-bagikan pada fakir miskin dan 1/3 bagian merupakan hak yang ber-Qurban. Masalahnya, dengan jumlah daging segar yang melimpah, sedikit dari kita yang lihai mengolahnya. Paling praktis, tentu saja dibuat sate. Hmmm..bagaimana ya agar sate racikan kita seempuk dan selezat sate di warung sate?


Agar Daging Empuk:


1. Daun Pepaya
Daun pepaya paling digunakan karena praktis. Daging kambing atau sapi yang telah dipotong dadu dibungkus dengandaun pepaya dan didiamkan selama kurang-lebih 20 menit. Setelah itu daging jangan dicuci dan langsung ditusuk lalu dibakar.

2. Buah Nanas
Parutan buah nanas dipercaya dapat melunakkan daging kambing atau sapi. Cara ini memang lebih cepat dan efektif untuk membuat daging menjadi empuk. Tapi, hati-hati dan jangan terlalu lama merendam daging dalam parutan nanas, sebab daging bisa hancur.

3. Air Kelapa
Merendam daging dengan air kelapa bisa membuat sate menjadi empuk sekaligus mengurangi aroma prengus kambing. Cara ini cukup populer di rumah makan sekelas fine dining, tapi kurang cocok untuk pecinta masakan kambing 'hard-core'. 

4. Tepung Kanji
Ternyata belum banyak yang tau bahwa tepung tapioka atau biasa disebut tepung kanji juga dapat melunakkan daging. Caranya, sebelum dibakar, potongan daging kambing/sapi yang sudah ditusuk dilumuri dengan sedikit tepung kanji. Diamkan sekitar 15 menit, lalu goyang-goyang sebentar untuk merontokkan tepung kanjinya sebelum sate mulai dipanggang.


5. Cara Memanggang
Cara membakar sate yang paling baik adalah memanggangnya dengan arang, tetapi jangan sampai daging sate terjilat api. Jilatan api akan membuat daging gosong dan keras. Bagian yang gosong ini mengandung zat karsinogen yang dapat memicu kanker. 

Sementara untuk bumbu sate kambing/sapi yang praktis adalah bumbu kecap. Untuk satu kilo daging, cukup siapkan 10 siung bawang putih, 1 sdm ketumbar, 10btr kemiri, 250gr gula merah, dan 2 sdt garam. Cara mengolahnya cukup haluskan semua bahan diatas dan gunakan untuk merendam daging sate serta olesan selama sate dibakar.
Selamat Idul Adha. Tetap bijaksana dalam mengkonsumsi daging Qurban ya?

1 komentar: